alika's

alika's

Rabu, 13 Mei 2015

Politik dalam Kehidupan Kampus dan Mahasiswa


Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan rakyat) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Demokrasi untuk saat ini tidak akan pernah lepas dari kata politik, kenapa demikian ? karena dari jaman dahulu negara Indonesia sudah menganut sistem demokrasi yang artinya semua peraturan yang ada di negara Indonesia harus dimusyawarahkan terlebih dahulu. Sedangkan politik , politik itu apa ? politik menurut pendapat saya adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencapai suatu kekuasaan. Saat ini politik di Indonesia semakin menjadi-jadi , karena banyak oknum-oknum yang berebut kekuasaan untuk kepentingan dirinya sendiri lalu mereka menggunakan politik untuk mencapainya.
Di perkembangan Indonesia sekarang ini demokrasi dan politik juga sudah masuk ke dalam dunia kampus dan mahasiswa, mengapa demikian ?  karena mahasiswa adalah generasi masa depan , mahasiswa ada penerus masa depan, Namun terkadang politik yang ada di dalam kehidupan kampus berdampak negatif karena dengan adanya politik mahasiswa menjadi lebih kritis dalam arti mereka memecah menjadi beberapa kubu karena politik yang ada dikampus dalam hal ini terdapat campur tangan dari pihak lain.
Politik di kampus sangat terlihat sekali ketika terjadi pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa dan pemilihan presiden mahasiswa ditingkat universitas. Di kegiatan ini mahasiswa yang mencalonkan diri sebagai ketua maupun presiden mahasiswa dilatih berpolitik secara demokrasi, dengan cara kampanye dan pemilihannya pun  disamakan persis dengan pemilihan presiden di Indonesia, namun kadang di keadaan seperti ini malah menjadi boomerang untuk mahasiswanya sendiri , terkadang mereka menghalalkan segala cara demi mendapatkan jabatan tersebut , bahkan banyak dari mereka adalah kader salah satu partai politik di Indonesia yang menyebabkan terjadinya politik kotor.
Mahasiswa merupakan golongan masyarakat yang mendapatkan pendidikan tertinggi, punya pandangan luas untuk bergerak diseluruh aspek kehidupan dan merupakan generasi yang bersinggungan langsung dengan kehidupan akademis dan bidang-bidang lainnya. Oleh sebab itu adanya sistem demokrasi di kampus, kalangan mahasiswa dapat menjadi proses pembelajaran politik walaupun pada akhirnya dalam tataran politik praktis, tidak diperbolehkan masuk di Perguruan Tinggi.
Kita lihat saja politik sekarang ini, yang terjadi di negara Indonesia banyak partai politik saling menjatuhkan satu sama lain demi mendapatkan posisi tinggi di lembaga-lembaga tinggi negara, mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan posisi tersebut seperti mengkambing hitamkan para calon, dengan cara money politik dan masih banyak lagi. Kalau seperti itu kita sebagai mahasiswa harus bagaimana ?  seharusnya mereka yang lebih ahli dalam pemerintahan harus mencontohkan yang baik jadi tidak salah kalau para mahasiswa yang setelah lulus menjadi seperti pejabat sekarang ini.
Sejujurnya melihat negara Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, para pejabat saling berebut kursi jabatan padahal sebelum mereka mencalonkan diri sebagai badan eksekutif maupun legislatif banyak janji-janji yang mereka umbar, sebenarnya apa sih fungsi sesungguhnya menjadi badan legislatif dan eksekutif ? bukannya mereka adalah wakil rakyat ? bukannya mereka adalah penampung aspirasi rakyat ? tapi pada kenyataannya terbalik , mereka malah lebih mementingkan dirinya sendiri karena dengan iming-iming uang mereka menjadi lupa dengan apa yang diucapkannya sebelum menjabat sebagai badan eksekutif maupun legislatif, hal seperti ini yang ditakutkan jika politik masuk didalam kampus menjadi berlebihan. Namun disisi lain politik didalam kampus juga berdampak positif, karena dengan adanya politik para mahasiswa menjadi lebih kritis dalam menanggapi isu-isu yang berada di dalam kampus. Mereka juga berlatih menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah karena menganut sistem demokrasi yang dimaksud semua hasil atau keputusan adalah hasil dari kata mufakat.
Demokrasi dan Politik yang berada di lingkup kampus dapat melahirkan mahasiswa yang mempunyai pemikiran kritis yang akan meneruskan generasi tua saat ini di masa yang akan datang. Semoga mahasiswa bisa menjadi lebih hati-hati dalam menyikapi semua masalah yang didalam kampus bahkan masalah yang ada disekitarnya.
Dengan demikian, demokrasi adalah cara untuk membangun perguruan tinggi menjadi wadah pengawasan demi menjadikan kampus akademisi profesional di hadapan masyarakat dan di hadapan dunia.Mahasiswa dengan ideologinya akademisi, sudah seharusnya diberikan kesempatan sebagai pengawasan kebijakan rektorat kampus. Sehingga mahasiswa dapat membantu program kemajuan kampus menjadi tempat gudang ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar